5 RAHASIA BERSEPEDA SEPERTI PRO

 

Setiap kali menyaksikan para pesepeda professional berlaga diatas sepeda tunggangannya tampak begitu sedap dipandang . melaju kencang,melibas tikunga,melompati rintangan,semua begitu mudah dilakukan. ANDAPUN BISA !!

Simak tulisan berikut dan selanjutnya bisa anda praktekan sesuai kemampuan…

Mungkin anda pernah menyaksikan beberapa lomba sepeda gunung. Apapun disiplin lombanya yang digelar. Baik itu cross-country (XC),Downhill (DH),All mountain (AM), 4cross (4X), Dirt jump (DJ), dan lainnya. Diseluruh kelas yang dilombakan tentu paling enak ditontonadalah kelas men elite,professional,atau setidaknya kelas expert.

Mengapa bisa begitu, setiap aksi maupun style nya selalu memiliki greget dan kadang bisa membikin decak kagum. Semua itu berkat konsistensi profesionalitasnya. Mereka bisa karena serius melatih diri. Style dan aksi yang merka pergakan juga bukan asal asalan,andapun  bisa meniru seperti mereka. Tentu saja untuk mencapainya membutuhkan latian fisik teknik dan mental. Ketiganya merupakan hal yang tidak bisa dikesampingkan.

Nah tulisan kali ini adalah membeberkan langkah langkah menuju kearah penguasaan teknik teknik agar anda bisa seperti mereka.

1.     KENALI DIRI ANDA

Disini yang dibutuhkan adalahmengenal kemampuan diri sendiri dalam hal bersepeda. Apabila anda mempunyai skill bermain XC karena jago nanjak maka tekunilah. Ataukan anda punya nyali gede melibas turunan curam layaknya downhiller, juga, apakah anda cukup berani mengambil resiko melompati sebuah rintangan tinggi?

Tak perlu memiliki semua kemampuan itu, pada umumnya pesepeda professional juga hanya memiliki satu atau dua kemampuan teknis tersebut kok. Namun bedanya mereka sudah tau kemampuan yg mereka miliki dibidang itu.

Rasa percaya diri adalah factor utama dan mendasar yang harus anda pupuk an kembangkan untuk melangkah ketahap selanjutnya.

Pilihan jenis sepeda juga akan berpengaruh. Karena itu sesuaikan jenis sepeda untuk aliran permainan yang sudah anda yakini untuk ditekuni selanjutnya. Buatlah waktu anda diatas sepeda menyatu dan senikmat mungkin dengan tunggangan anda tersebut. Bersepeda diatas lintasan dengan mengerahkan segala daya dan ditopang rasa percaya diri,niscanya akan membangkitkan “superioritas” kemampuan bersepeda bagi anda pribadi

2.     PERHATIKAN KONDISI SEPEDA

Lakukan pemeriksaan rutin sebelum bersepeda. Cek pada kelayakan komponen,dengan melakukannya anda sudsh berhasil meniadakan unsur was was saat bersepeda. Sebaliknya perasaan percaya bakal meningkat.

Begitu juga lakukan halserupa sesudah bersepeda. Selalu mengecek sepeda sebelum dan sesudah balapan. Perlakuan ini bisa meminimalisir ongkos yang harus anda keluarkan nantinya,dalam arti memperpanjang usia komponen.

Dikalangan professional tugas pemeriksaan sepeda demikian selalu diterapkan setiap kali sepeda usai digunakan. Bagi anda sebaiknya lakukan pengecekan secara mandiri agar lebih mengenal dan akrab dengan tunggangan anda sendiri.

3.     PERHATIKAN TUBUH

Nutrisi yang benar dapat membantu anda mendapat PEAK PERFORMANCE. Penting untukmenjaga pola asupan padat karbihidrat untuk menopang endurance sebelum bersepeda. Makan sebelum anda merasa lapar,minum air 30 menit sebelum anda memulai bersepeda dan lakukan hal serupa sesudahnya.

Bila waktu bersepeda anda sampai seharian penuh dan cukup menguras tenaga,secara berkala tambahkan asupan energy dengan carbo-load instan. Semacam pisang,energy bar,carbo-jelly,minuman berkarbohidrat,dan sejenisnhya.

Upayakan untuk menyediakan waktu pemulihan atau recovery setiap kali bersepeda secara ekstrim berintensitas tinggi hingga menguras cadangan energy.

4.     KUASAI KONDISI MEDAN

Keahlian menganalisa berbagai kondisi dan karakter medan wajib dipelajari bagi seorang pesepeda gunung. Disini akan berkait dengan teknik memindah gear sesuai ragam percepatan yang paling memungkinkan.

Penguasaan teknik ini wajib dihafal dan terus diasah agar terjadi reflek secara cepat.terutama pada lintasan yang lengkap berisi turunan dan tanjakan,maupun pada saat ingin mendadak ngebut.

Ada baiknya pula untuk mengetahui dulu bagaimana  rupa dan kondisi lintasan yang akan dilewati. Pesepeda pro pun melakukan hal nitu. Bahkan untuk terjun kesebuah lomba,tag segan segan mereka survey dahulu dengan berjalan kaki maupun tuntun sepeda.

5.     PENGGUNAAN BAN YANG TEPAT

Pemilihan ban dan tekanan yang salah bakal merusak konsentrasi. Gunakan ban dengan knobby,lebar tapak,serta jenis compound ban sesuai permukaan lintasan. Pilih ban ber knobby rapat dan pendek untuk prmukaan rata dan kering. Sebaliknya gunakan ban ber knobby renggang untuk konsisi berlumpur,gembur atau basah licin.

Patuhi pula batas tekanan ban serta arah rotasi ban sesuai rekomendasi pabrik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s